Simak 7 Makanan Bantu Kendalikan Tekanan Darah

Simak 7 Makanan Bantu Kendalikan Tekanan Darah
Foto: honestdocs.com

Saat ini, hipertensi telah menjadi penyakit yang sangat umum dan harus dicatat bahwa tekanan darah tinggi sering tidak menunjukkan gejala yang khas. Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi dimana tekanan yang diberikan oleh darah pada pembuluh darah melebihi kisaran normal.

“Hipertensi, jika tidak diobati atau tidak dikelola, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke,” kata ahli gizi Nmami Agarwal, pendiri & CEO, Nmami Life seperti dilansir The Indian Express.

Menurut Nmami, diet yang tepat bisa membantu mengelola tekanan darah tinggi dengan atau tanpa obat. Nmami memaparkan sejumlah makanan yang membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Pisang
    Pisang adalah sumber kalium makanan yang sangat baik, mineral yang membantu mengatur tingkat tekanan darah. Sesuai dengan studi ilmiah, makan dua pisang sehari dapat membantu mengurangi tekanan darah sebesar 10 persen.
  1. Sayuran berdaun hijau
    Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, selada, atau sawi adalah sumber nitrat yang kaya. Hanya satu atau dua porsi sayuran kaya nitrat dapat mengurangi hipertensi hingga 24 jam.
  1. Oat
    Oat membuat pilihan yang sangat sehat untuk sarapan. Serat larut yang dikenal sebagai beta-glukan dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Oat juga kaya akan kalium yang merupakan mineral penting untuk kontrol tekanan darah.
  1. Ubi jalar
    Ubi jalar jelas merupakan salah satu makanan super terbaik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Ini secara alami kaya serat ramah tekanan darah dan merupakan sumber yang sangat baik dari dua mineral penting – magnesium dan kalium. Mineral-mineral ini membantu mengatur tingkat tekanan darah secara besar-besaran.
  1. Biji rami
    Banyak penelitian ilmiah telah mendukung fakta bahwa konsumsi biji rami secara teratur dapat membawa peningkatan signifikan dalam tingkat tekanan darah tinggi. Mengonsumsi biji rami secara teratur selama enam bulan dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik masing-masing sebesar 10 mmHg dan 7 mmHg.
  1. Kenari
    Kenari adalah satu-satunya kacang pohon yang secara signifikan lebih tinggi dalam ALA nabati (Alpha Linoleic Acid) yang merupakan bentuk nabati dari Omega-3 Fatty Acid. Konsumsi kenari secara teratur terbukti meningkatkan aliran darah. Ini juga sarat dengan lemak sehat, magnesium, dan serat.
  1. Bawang putih
    Bawang putih kaya akan senyawa sulfur esensial yang dikenal sebagai allicin yang memiliki manfaat penurun tekanan darah yang signifikan. Sekitar 600-900 mg bubuk bawang putih dapat menyebabkan penurunan kadar tekanan darah sekitar 9-12 persen. “Poin kunci lain yang perlu diingat adalah untuk mengurangi konsumsi garam,” kata Agarwal. (RN)