4 Tips Merawat Orang Tua Pikun agar Tak Kewalahan

Penyakit pikun atau demensia biasa terjadi pada lansia dengan rentang umur 60-70an. Maka tak heran jika ada sejumlah orang tua kita yang mengalaminya.

Demensia sendiri merupakan kondisi dimana otak mengalami penurunan fungsi hingga menyebabkan sejumlah gejala seperti kebingungan, menjadi lebih sensitif hingga sulit berkomunikasi dengan sesama.

Bagi Anda yang sedang dihadapkan dengan penderita demensia, tips di bawah ini bisa menjadi acuan bagaimana cara merawat orang tua pikun yang tepat agar terhindar dari stres.

Cara Merawat Orang Tua Pikun

Selain mendampinginya dengan penuh kesabaran, nyatanya ada beberapa cara merawat orang tua pikun yang bisa Anda terapkan agar demensia tidak menjarah ke tingkat yang lebih parah.

  1. Ajak mereka tetap beraktivitas

Ketika orang tua sudah mulai menunjukkan ciri-ciri demensia, jangan dibiarkan. Justru Anda harus mengajaknya untuk beraktivitas dan jangan memanjakannya secara berlebihan.

Anda bisa mengajaknya untuk berolahraga, bermain puzzle, atau hanya sekadar mengajaknya jalan-jalan santai di sekitar komplek rumah. Orang yang pikun tidak boleh dibiarkan hanya duduk di rumah saja setiap saat karena akan mengakibatkan aktivitas otak mereka menurun sehingga kemampuan kognitifnya berkurang.

  1. Berkomunikasi dengan sabar

Gejala demensia atau pikun pada umumnya akan disertai perasaan yang sensitif bagi penderitanya. Maka tak jarang jika para lansia menjadi pemarah hingga berlaku kasar baik secara lisan maupun fisik. Mereka juga menjadi cenderung keras kepala sehingga susah untuk memberinya arahan ataupun masukan.

Baca juga:  Kuatkan Daya Tahan Tubuh Anak Dengan 5 Makanan Ini

Jika hal ini terjadi pada orang tua atau kerabat dekat Anda, cukup dengarkan dengan sabar dan coba pahami mereka. Validasi perasaan mereka dan pastikan Anda tidak membantah apa yang mereka ucapkan.

  1. Berikan perlakuan tambahan

Cara merawat orang tua pikun selanjutnya adalah dengan memberikan mereka perhatian yang lebih. Mereka yang menderita demensia akan mengalami kebingungan terhadap berbagai hal bahkan termasuk dengan hal-hal remeh seperti kegiatan sehari-hari.

Maka dari itu, Anda bisa inisiatif untuk membantu mereka dengan cara memberikan catatan mengenai apa saja rutinitas mereka sehari-hari. Bisa juga memberikan tanda pada setiap ruangan dengan warna yang terang agar mudah dilihat dan pastikan mereka bisa memahami tanda tersebut.

  1. Kenakan mereka pakaian khusus

Sejumlah penderita demensia memiliki kecenderungan untuk membuka pakaian secara tiba-tiba bahkan di depan umum. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengenakan pakaian khusus pada mereka seperti baju dengan kancing di belakang.

Itu dia empat cara merawat orang tua pikun yang bisa Anda ikuti. Karena menghadapi penderita demensia memiliki tantang sendiri yang seringkali menguras tenang, maka tak ada salahnya untuk meminta bantuan entah pada kerabat terdekat maupun tenaga profesional seperti Kanopi Insan Sejahtera agar tak kewalahan.

Baca juga:  Cukup Magnesium Bikin Tidur Si Kecil Nyenyak

Kanopi Insan Sejahtera sendiri merupakan pelopor home care Indonesia dengan berbagai layanan mulai dari, care giver, baby sitter dan nursing home. Pelayanan yang diberikan telah banyak dipercaya dan berkualitas unggul.

Jadi tunggu apalagi? Percayakan saja semuanya pada Kanopi Insan Sejahtera!

× Hubungi kami!