Rabu , 24 Oktober 2018
Home » Artikel » 5 Cara Pencegahan Penyakit Glaukoma

5 Cara Pencegahan Penyakit Glaukoma

5 Cara Pencegahan Penyakit Glaukoma

5 Cara Pencegahan Penyakit Glaukoma (Foto: dok. golggbioseacucumber.org)

5 Cara Pencegahan Penyakit Glaukoma – Waspada gejala penyakit glaukoma menimpa Anda. Bagaimana cara mencegahnya? Berikut informasi seputar pencegahan penyakit mata glaukoma.

  1. Melindungi mata dari paparan sinar UV
    Pastinya setiap orang tidak menyadari bahwa paparan sinar matahari dapat menyebabkan glaukoma jika secara langsung mengenai mata. Jadi perlu di biasakan untuk memberikan perlindungan pada mata jika Anda sedang melakukan aktivitas secara langsung di bawah sinar matahari.
  1. Sering mengonsumsi buah berwarna gelap atau abu-abu
    Mungkin sebagian orang belum tahu bahwa semua jenis buah yang memiliki warna gelap atau abu-abu ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan mata termasuk mencegah penyakit mata glaukoma. Buah-buahannya bisa berupa buah blueberry, cranberry dan semua jenis golongan buah berry. Dan buah-buahan ini bisa membuat sistem syaraf dan otot pada bagian mata bisa bekerja secara maksimal.
  1. Mengonsumsi makanan tinggi karotenoid
    Biasanya makanan yang mengandung zat karotenoid sangat identik dengan makanan yang berwarna kuning. Selain sumber makanan Karotenoid juga memiliki banyak cadangan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Dan kaya akan antioksidan yang bisa mencegah semua penyakit degenerasi makula dan menjaga kesehatan lensa mata. Makanan yang tinggi karotenoid bisa berupa jeruk, pepaya, nanas, ubi jalar, dan wortel.
  1. Melakukan pemeriksaan mata secara teratur
    Orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun maka harus melakukan pemeriksaan mata secara teratur. Dari langkah ini di perlukan untuk mengatasi semua jenis gejala yang mungkin muncul paling awal. Ketika glaukoma di ketahui sejak dini mungkin Anda bisa untuk memutuskan melakukan kegiatan program diet yang sehat untuk mata. Tak hanya itu melakukan pemeriksaan mata juga bisa mencegah terjadinya kerusakan mata yang lebih lanjut.
  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah
    Untuk Anda yang mempunyai gangguan penyakit yang berhubungan dengan kadar gula dalam darah seperti diabetes, maka sebaiknya harus selalu mewaspadai dengan penyakit mata glaukoma. Saat kadar gula darah tinggi maka sebaiknya membuat lensa mata dan retina mengalami gangguan. Tubuh tidak bisa membuat insulin yang cukup untuk mengolahnya semua kadar gula dalam darah. Maka akan berdampak kerusakan pada bagian lensa dan retina. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates