Kamis , 15 November 2018
Home » Artikel » Ajarkan Anak Hargai Barang Pemberian

Ajarkan Anak Hargai Barang Pemberian

Ajarkan Anak Hargai Barang Pemberian (Foto: dok. belajar.io)

Ajarkan Anak Hargai Barang Pemberian – Pasti lumrah kalau diam-diam, Ayah dan Bunda pengen beliin sesuatu buat anak. Misalnya baju, mainan, atau boneka. Kalau bicara barang, pasti senang kalau anak bisa menghargai barang yang dia punya jadinya barang itu disayang dan dirawat sama anak. Nah, biar anak sayang sama barang miliknya, ada trik yang bisa orangtua lakukan.

Menurut psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo M.Psi., setidaknya tunjukkan kalau anak dapat sesuatu itu karena ada usaha dia di baliknya. Jadi, dia tahu nilai-nilai kerja keras dan ada usaha di balik mendapat barang itu sehingga anak jadi lebih menghargai si barang.

Memang nggak mesti kalau orangtua mau belikan ajak mainan, dia harus juara kelas dulu misalnya. Tapi, dari hal sederhana orangtua bisa ajarkan anak bahwa ada usaha di balik segala sesuatu yang dia dapat.

Contohnya, waktu orangtua nemu pakaian lucu nih di bazar dekat kantor, boleh aja si kecil dibelikanĀ baju gambar kartun favoritnya. Tapi, nanti pas ngasih ke anak, bisa bilang nih, Karena tadi kakak udah merapikan tempat tidur, pas banget Bunda nemu baju bergambar kartun favorit kakak, Bunda beliin deh buat kakak.

Selain itu, orangtua juga perlu tahu nih bahasa cinta apa sih yang cocok untuk si kecil. Bahasa cinta untuk anak itu ada lima: art of serviceĀ di mana anak kita layani, word of affirmationĀ atau pujian, giftĀ aliasĀ hadiah, quality time, sama sentuhan fisik. Kalau kebetulan anak lebih suka giftĀ sebagai bahasa cinta, orangtua bisa membelikan baju favoritnya-meski cuma iseng-itu bisa jadi hal yang menggembirakan buat anak. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates