Anak Mulai Tantrum, Begini Cara Mengatasinya

Anak Mulai Tantrum, Begini Cara Mengatasinya
Foto: popmama.com

Menangani kerewelan anak di tempat umum merupakan salah satu hal yang sering membuat orangtua geleng-geleng kepala. Perilaku rewel yang ditunjukkan anak atau biasa disebut sebagai tantrum ini merupakan sebuah hal yang sulit ditangani oleh orangtua.

Hal ini biasanya dilakukan oleh anak karena mereka tidak bisa secara langsung menyuarakan rasa frustrasi yang dimiliki. Dilansir dari Health24, walau sifat rewel ini sering tak bisa dilepaskan dari anak, namun terdapat cara untuk membetulkan perilaku ini terutama agar tidak terulang seiring pertumbuhan usia anak.

Anda sebaiknya memandang mata dari anak untuk memahami mengapa mereka bertingkahlaku seperti itu. Berpindahlah ke tempat yang lebih pribadi untuk menangani kerewelan anak. Anda bakal merespon dan memahami situasi lebih baik ketika tidak berada di tempat umum.

Ketika anak merasa tak nyaman dengan lingkungan sekitar, berikan dia pelukan. Ketika dia tampak lapar, tawarkan kudapan atau makanan bernutrisi untuk mereka. Jika dia tampak lelah, tidur siang dapat menjadi jalan keluar bagi mereka. Jika dia menginginkan hal yang tak bisa dimiliki, alihkan perhatiannya terhadap hal lain.

Sejumlah ahli menyarankan untuk mengajari anak cara pernapasan yang menenangkan. Cara yang sama seperti pada orang dewasa ini dapat mengembalikan fokus dan perhatian mereka agar tetap merasa tenang.

Untuk mencegah munculnya tantrum ini, kenali hal apa yang membuat anak ini merasa marah. Jika rewel ini ini muncul karena anakmu tidak nyaman bersamamu, lakukan aktivitas fisik berdua untuk menjaga keakraban kalian.

Selain itu, kenali juga gejala yang biasa ditunjukkan anakmu debelum dia mulai tantrum. Hal ini bisa membuatmu mengenali kapan dia akan rewel dan segera mencari cara untuk pengalihan. (RN)