Ayo, Latih ‘Si Kecil” Rajin Cuci Tangan Sehabis Dari Toilet

Ayo, Latih ‘Si Kecil” Rajin Cuci Tangan Sehabis Dari Toilet
Foto: solusisehatku.com

Melatih kebiasaan yang satu ini tentu memerlukan waktu dan pembiasaan yang konsisten.  Kewajiban mencuci tangan setelah menggunakan toilet perlu ditanamkan kepada anak sejak dini, setidaknya sejak mereka mulai belajar menggunakan toilet sendiri.

Menurut David Geller, dokter anak dan juga pengajar di Harvard Medical School, hal pertama yang harus dilakukan orangtua adalah memberikan alasan yang bagus terkait kebutuhan mencuci tangan bagi si anak.

“Biarkan mereka pelan-pelan memahami, bahwa jika -misalnya, dia menyentuh kuman di toilet dan lalu tangan itu masuk ke mulut, dia bisa sakit,” kata Geller. Kendati demikian, Geller mengingatkan, jangan sampai orangtua membuat isu tersebut menjadi begitu menakutkan bagi anak.

“Tentu kita tak ingin jika karena takutnya dengan kuman, si anak jadi bolak-balik mencuci tangan, bukan?” kata Geller.

Langkah terbaik adalah dengan membuat hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan. Bahwa, setiap kali si anak melakukan hal yang mungkin membuat tangannya tidak bersih, maka dia harus mencucinya.

Menggunakan toilet adalah salah satunya. Contoh lain adalah setelah bermain di luar rumah, atau memegang sesuatu yang kotor. Jangan lupa, ajarkan pula si anak untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, tak hanya di rumah, tapi pun di sekolah atau saat berada di rumah teman.

Di atas semua itu, yang terpenting menurut Geller adalah peran orangtua untuk menjadi model dalam membangun kebiasaan yang baik tersebut. “Jadi orangtua pun harus mencontohkan, selalu mencuci tangan,” ungkapnya. (RN)