Benarkah Diabetes Tidak Bisa Sembuh

Benarkah Diabetes Tidak Bisa Sembuh
Foto: ahchealthenews.com

Selama ini, diabetes dikenal sebagai penyakit berbiaya mahal. Ini lantaran banyaknya komplikasi, hingga harus menghindari makanan dan minuman manis. Berat, bukan?

Belum lagi diabetes sering disebut penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Apakah pernyataan tersebut benar? Hingga saat ini, ahli kesehatan mengatakan bahwa diabetes tidak dapat disembuhkan.

Bahkan diabetes masuk dalam golongan penyakit kronis (jangka panjang). Jika dibiarkan, diabetes akan menjelma menjadi komplikasi-komplikasi yang membahayakan nyawa. Seseorang bisa saja diamputasi, mengalami kebutaan, hingga gagal ginjal.

Namun penelitian University of North Carolina School of Medicine mengungkapkan bahwa diabetes, terutama diabetes tipe 2, masih bisa dijinakkan. Maka kemunculan komplikasi bisa ditunda selama mungkin.

Untuk membantu menghindari komplikasi dari diabetes tipe 2, diabetesi dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Terutama jika masih tergolong kelebihan berat badan.

Perlu diketahui, penurunan berat badan yang kecil namun konsisten, dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Dilansir dari American Diabetes Associaton, hal tersebut bisa dilakukan dengan mengganti pola makan menjadi lebih sehat, membatasi asupan gula dengan mengganti gula dengan pemanis rendah kalori, dan memperbanyak olah raga hingga minimal 150 menit per minggu. (RN)