Cegah Anak Terkena Anemia Dengan Gizi Seimbang

Cegah Anak Terkena Anemia Dengan Gizi Seimbang
Foto: hellosehat.com

Permasalahan anemia yang diderita oleh para remaja ini disebabkan oleh asupan gizi yang kurang baik. Kebanyakan dari mereka kekurangan zat gizi mikro seperti mineral dan vitamin.

Hal ini dikatakan Ahli Gizi dari Institut Pertanian Bogor Rimbawan. Akibatnya mereka jadi mudah lelah, menurunkan konsentrasi belajar sehingga prestasi belajar menjadi rendah dan dapat menurunkan produktivitas, selain itu anemia juga dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga lebih mudah terkena infeksi.

Saat memasuki usia sekolah, anak-anak perlu diberi asupan nutrisi lebih. Karena di usia itu mereka sedang aktif melakukan kegiatan sekolah dan juga sedang masuk masa pertumbuhan.

“Anemia yang terjadi pada remaja putri juga meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada fungsi fisik dan mental, serta dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada saat kehamilan,” ujarnya.

Selain di rumah, perbaikan gizi anak juga perlu dilakukan di sekolah. Sudah banyak pula program yang dilakukan di sekolah-sekolah negeri maupun swasta untuk memperbaiki gizi para siswanya.

Hasil Riskesdas pada 2005 menunjukan bahwa prevalensi anemia pada kelompok umur 5 sampai 24 tahun masih cukup tinggi yaitu 26,4 persen. Penderita anemia pada kelompok usia 5 sampai 14 tahun tercatat 18,4 persen. Berdasarkan data tersebut, prevalensi anemia paling besar terjadi pada kelompok remaja putri sebesar 28 persen. (RN)