Cegah Katarak Melalui 5 Langkah Ini

Cegah Katarak Melalui 5 Langkah Ini
Foto: befren.com

Cegah Katarak Melalui 5 Langkah Ini

Kesehatan mata kadang kali menjadi suatu hal yang terlupakan pada kehidupan sehari-hari. Kerap kali hal ini sangat terlambat disadari hingga kondisi kesehatan mata benar-benar parah. Salah satu masalah kesehatan mata yang kerap dialami oleh banyak orang adalah katarak. Masalah ini lebih rentan dialami oleh mereka terutama yang berusia tua.

Hingga saat ini, tidak ditemui cara untuk memperlambat perkembangan katarak secara khusus. Walau begitu mencegah kesehatan mata secara keseluruhan bisa membantu menekan risiko meningkatnya masalah ini.

Beberapa cara menjaga mata secara umum bisa kamu coba lakukan. Berikut sejumlah cara untuk mencegah atau memperlambat munculnya katarak:

  1. Teratur periksa mata
    Pemeriksaan mata yang dilakukan secara rutin dapat membantu mendeteksi katarak dan masalah mata lainnya pada tahap awal. Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda harus melakukan pemeriksaan mata.
  2. Kurangi minuman beralkohol
    Salah satu minuman yang bisa memicu berbagai macam masalah kesehatan adalah alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko katarak.
  3. Gunakan kacamata hitam
    Sinar ultraviolet dari matahari dapat meningkatkan risiko katarak. Pakailah kacamata hitam saat Anda berada di bawah terik matahari untuk menghalangi paparan sinar ultraviolet B (UVB) pada mata.
  4. Kontrol berat badan
    Jika saat ini Anda memiliki berat badan yang sehat, pertahankan itu dengan berolahraga. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, usahakan untuk menurunkan berat badan secara perlahan dengan mengurangi asupan kalori dan meningkatkan aktivitas fisik setiap hari.
  5. Konsumsi buah dan sayuran
    Sertakan buah-buahan dan sayuran dalam menu harian Anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh. Buah dan sayuran memiliki banyak antioksidan, yang membantu menjaga kesehatan mata Anda. (RN)
Baca juga:  Penderita Darah Tinggi Pantang Jenis Minuman Ini