Cermati Gejala Asam Lambung dan Langsung Tangani

Cermati Gejala Asam Lambung dan Langsung Tangani

Cermati Gejala Asam Lambung dan Langsung Tangani
Foto: merdeka.com

Naiknya asam lambung merupakan masalah pada organ pencernaan yang kerap terjadi pada banyak orang. Sayangnya, banyak yang mengabaikan gejala asam lambung yang muncul. Padahal, gejala tersebut bisa menandakan penyakit pencernaan tertentu. Agar bisa segera diatasi, inilah gejala penyakit asam lambung yang perlu diwaspadai:

  1. Sering sendawa
    Gejala penyakit asam lambung yang perlu diwaspadai pertama adalah sering sendawa. Sendawa merupakan cara tubuh mengeluarkan udara berlebih dari saluran pencernaan bagian atas. Sendawa yang terjadi terus-menerus, lebih dari satu sampai dua kali dalam waktu yang berdekatan, bisa menjadi gejala asam lambung naik.
  1. Kesulitan menelan
    Gejala penyakit asam lambung yang perlu diwaspadai kedua adalah kesulitan menelan. Jika merasa tersedak atau tidak dapat menelan makanan adalah gejala abnormal yang sering menyertai refluks asam yang parah. Jika Anda tidak bisa menelan makanan ke kerongkongan atau merasa seperti tersedak saat makan, sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter. Sebab, gejala ini mungkin menunjukkan bahwa terjadi kerusakan pada kerongkongan akibat pengaruh penyakit asam lambung.
  1. Nyeri dada
    Gejala penyakit asam lambung yang perlu diwaspadai ketiga adalah merasakan nyeri pada dada. Rasa nyeri di dada biasanya diawali dengan sensasi terbakar di perut bagian atas dan naik ke dada. Nyeri dada biasanya paling terasa ketika Anda berbaring, membungkuk, atau setelah makan.
  1. Bau mulut
    Gejala penyakit asam lambung yang perlu diwaspadai keempat adalah bau mulut. Penyebab utamanya yaitu sfingter esofagus bagian bawah (LES), yaitu kondisi di mana otot kerongkongan rusak atau mengendur. Bila otot kerongkongan bekerja dengan baik, otot ini akan terbuka saat menelan untuk membiarkan masuk ke perut, kemudian menutup dengan rapat.
  1. Mulut terasa asam
    Gejala penyakit asam lambung yang perlu diwaspadai kelima adalah mulut terasa asam disertai bau mulut juga. Hal ini biasanya menjadi salah satu ciri-ciri dari asam lambung naik. Bila otot bukaan antara kerongkongan dan perut tidak menutup sepenuhnya setelah makan, makanan dan asam lambung dapat naik kembali ke kerongkongan. Ini yang menyebabkan munculnya rasa asam di mulut. (RN)
Baca juga:  Ini Tanda-Tanda Naiknya Asam Lambung