Di Masa Menopause Kendalikan Berat Badan

Di Masa Menopause Kendalikan Berat Badan
Foto: womenshealth.gov

Di Masa Menopause, Kendalikan Berat Badan

Saat seorang perempuan tidak lagi menstruasi selama setahun, bisa dipastikan dia telah memasuki fase menopause. Tahapan ini adalah hal alami, namun bisa memberikan sejumlah efek pada tubuh, termasuk penambahan berat badan.

Mengendalikan bobot hingga ke angka ideal bisa menjadi tantangan yang cukup berat, namun bukan berarti mustahil. Berikut beberapa tips menurunkan berat badan untuk perempuan menopause, seperti dikutip dari laman Pinkvilla.

  1. Tidur teratur
    Perubahan metabolisme bisa membuat perempuan yang sudah menopause mengalami gangguan pola tidur. Siasati dengan memastikan waktu tidur yang cukup dan berkualitas untuk mencegah penambahan berat badan.
  2. Diet rendah karbohidrat
    Untuk menjaga metabolisme tubuh, pilih diet rendah karbohidrat. Hindari sumber karbohidrat dan ganti dengan makanan kaya protein dan lemak seperti ikan, telur, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan produk susu.
  3. Olahraga setiap hari
    Melakukan senam aerobik secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan dan membentuk otot. Latihan ketahanan juga dapat membantu mencegah berkurangnya massa otot akibat usia, serta menghilangkan lemak membandel di perut.
  4. Perubahan gaya hidup
    Mengadopsi beberapa perubahan dalam gaya hidup akan sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Terapkan gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, hindari rokok dan alkohol, serta aktif bergerak.
  5. Makanan kaya serat
    Konsumsi makanan kaya serat seperti kubis brussel, biji rami, alpukat, dan brokoli juga sangat dianjurkan. Pilihan makanan itu manjur meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi nafsu makan, dan membantu penurunan berat badan. (RN)
Baca juga:  Ini 5 Kebiasaan Berdampak Negatif Terhadap Otak