Di Masa Pandemi Lansia Harus Tetap Bugar

Di Masa Pandemi Lansia Harus Tetap Bugar
Foto: beritalive

Ditengah pandemi Covid-19, kebugaran para lanjut usia tetap harus diperhatikan. Meski disarankan tetap berolahraga, namun perlu diperhatikan kondisi lansia itu, termasuk gangguan psiklogisnya.

Hal ini dikatakan dokter spesialis rehabilitasi medik di poliklinik rehabilitasi medik RSUI, Tresia Fransiska U. Tambunan. “Lansia seringkali mengalami masalah, seperti gangguan mobilisasi, gangguan pernapasan, gangguan mental atau psikologis, serta gangguan saat beraktivitas sehari-hari,” kata Tresia.

Menurutnya, olahraga lansia harus mengedepankan prinsip aman. Lalu selama pandemi Covid-19 bisa dilakukan di rumah. Lansia juga perlu dijaga konsumsi makanan bergizi seimbangnya, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala agar bisa tetap hidup sehat dan mandiri.

Diingatkan pula seiring bertambahnya usia, seringkali muncul berbagai macam masalah kesehatan pada lansia, salah satunya gangguan memori. Gangguan memori ini bisa dicegah dengan menjaga memori tetap aktif, salah satunya menyusun aktivitas di rumah yang tetap mengutamakan keamanan.

“Buat jadwal kegiatan yang rapi dan terencana, utamakan hobi yang bersifat aktif dan melibatkan keluarga atau sahabat, tetap memperhatikan aspek kesehatan, serta jangan lupa untuk tetap beribadah,” jelasnya.

Baca juga:  Efek Samping Kerokan Bagi Kesehatan

Di masa pandemi seperti saat ini, lansia perlu beradaptasi yakni mempelajari beberapa hal baru salah satunya belajar menurunkan risiko penularan. “Misalnya dengan mempelajari aplikasi komunikasi audio dan video daring, menggunakan keuangan elektronik, gaya higienis baru, penyusunan menu bergizi, dan berkegiatan olahraga aerobik intensitas rendah dengan gerakan baru dan bervariasi,” serunya. (RN)