Diabetes Sering Serang Kaki, Ini Penyebabnya

Diabetes Sering Serang Kaki, Ini Penyebabnya
Foto: dailypost.ng

Penyakit diabetes biasanya menyebabkan masalah pada aliran darah seseorang. Pada umumnya, masalah ini bakal menyerang bagian kaki seseorang terlebih dahulu. Lantas mengapa biasanya hal ini tampak dari kaki terlebih dahulu?

“Diabetes adalah penyakit dalam darah. Darah mengitar ke seluruh bagian tubuh kita. Otak, mata, semua bisa,” ungkap spesialis penyakit dalam, dr. Bhanu, SpPD di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dokter yang juga berpraktik di Rumah Sakit Bhakti Mulia, Jakarta, menyebutkan bahwa kaki memiliki gang yang paling kecil, memudahkan diabetes untuk menyerang.

“(Diabetes) Menyebabkan darah bersifat kental. Yang tadinya darah bisa ke gang kecil, karena terlalu kental tidak bisa sampai. Kaki terletak jauh dari jantung dan gang-gangnya adalah yang paling kecil.” ucapnya.

Dr. Bhanu juga mengatakan jika seseorang yang memiliki diabetes terluka sedikit, dapat menyebabkan korengan. Korengan jika berkembang menjadi lebih parah dapat menyebabkan kaki harus diamputasi.

Dalam pengobatan diabetes, masih belum ada obat yang bisa secara sempurna menghilangkan masalah kesehatan ini. Untuk mencegah agar tidak timbul masalah lebih lanjut dari diabetes, perlu dilakukan perubahan dan penyesuaian dalam gaya hidup. (RN)