Diatas Usia 40 Tahun, Wanita Penting Konsumsi Vitamin Ini

Diatas Usia 40 Tahun, Wanita Penting Konsumsi Vitamin Ini
Foto: rimma.co.id

Diatas Usia 40 Tahun, Wanita Penting Konsumsi Vitamin Ini

Saat memasuki usia 40 tahun, seorang wanita perlu mendapatkan vitamin lebih banyak dari biasanya. Sebab, pada usia tersebut wanita perlahan-lahan memasuki masa menopause. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan wanita cenderung mengabaikan kesehatannya seperti sering melewatkan makan, kurang asupan nutrisi yang tepat, dan lain-lain.

Sementara itu, vitamin dan nutrisi berperan penting dalam meningkatkan sekaligus memelihara kesehatan secara keseluruhan, terutama setelah mencapai usia 40 tahun. Berikut vitamin penting bagi wanita berusia 40 tahun, seperti dilansir dari laman Boldsky.

  1. Vitamin B12
    Vitamin ini penting untuk wanita di atas 40 tahun karena berfungsi untuk darah dan otak yang normal. Makanan sumber Vitamin B12 adalah daging, ikan salmon, ikan tuna, susu rendah lemak, yogurt, dan keju.
  2. Vitamin D
    Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan berperan besar dalam penyerapan kalsium ke dalam tulang. Sumber makanan Vitamin D di antaranya jenis-jenis ikan (mackerel, salmon, dan tuna), mentega, yoghurt, minyak hati ikan, telur, hingga jus jeruk.
  3. Kalsium
    Mineral ini sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang dan berfungsinya jantung, otot, serta saraf Anda. Kalsium juga meningkatkan pembekuan darah yang tepat. Sumber makanan kalsium adalah susu, yoghurt, keju, susu kedelai, sayuran berdaun hijau, hingga sereal yang diperkaya kalsium.
  4. Zat Besi
    Selain mengonsumsi suplemen, makanan yang mengandung zat besi juga diperlukan untuk mencegah anemia yang banyak terjadi pada wanita. Sumber makanan zat besi di antaranya daging merah dan sayuran berdaun hijau seperti bayam.
  5. Magnesium
    Magnesium merupakan mineral penting yang dapat menstabilkan tekanan darah, terutama mereka yang berisiko terkena tekanan darah tinggi. Sumber makanan kaya magnesium adalah sayuran berdaun hijau, cokelat hitam, alpukat, beragam jenis kacang-kacangan seperti lentil, buncis, kacang polong, serta kedelai. (RN)
Baca juga:  Migrain? Atasi Dengan 5 Cara Alami Ini