Ini 3 Gejala Mudah Deteksi Ginjal Bermasalah

Ini 3 Gejala Mudah Deteksi Ginjal Bermasalah 

Ini 3 Gejala Mudah Deteksi Ginjal Bermasalah
Foto: merdeka.com

Untuk mengetahui ginjal bermasalah atau tidak, ada sejumlah tanda fisik yang dapat diperhatikan. Tapi terkadang orang menghubungkannya dengan kondisi lain.

Mengutip National Kidney Foundation, Dr. Joseph Vassalotti mengatakan, ada kalanya tanda-tanda ginjal bermasalah itu tidak muncul, sampai kerusakan telah sampai tahap sangat lanjut. Sering kali saat itu ginjal sudah mengalami malfungsi atau ketika ada sejumlah besar protein dalam urin.

“Inilah salah satu alasan mengapa hanya 10 persen orang dengan penyakit ginjal kronis yang mengetahui bahwa mereka mengidapnya,” ujar Kepala Petugas Medis di National Kidney Foundation ini.

Pentingnya kesehatan ginjal dapat kita pahami dengan menilik fungsinya sebagai berikut: 

  1. Menjaga keseimbangan cairan secara keseluruhan dalam tubuh
  2. Mengatur dan menyaring mineral dari darah
  3. Menyaring bahan limbah dari makanan, obat-obatan, dan zat beracun
  4. Menciptakan hormon yang membantu memproduksi sel darah merah, meningkatkan kesehatan tulang, dan mengatur tekanan darah.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda memiliki penyakit ginjal adalah dengan melakukan tes. Namun sebelum itu, Anda dapat memperhatikan beberapa tanda yang menunjukkan kemungkinan bahwa ginjal bermasalah.

Baca juga:  Cegah Hipertensi Dengan Rutin Ukur Tekanan Darah

Berikut tanda-tanda ginjal bermasalah yang dapat menjadi petunjuk untuk patut waspada: 

  1. Sangat kelelahan
    Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan orang merasa lelah, lemah, dan dapat membuat sulit untuk berkonsentrasi. “Kelelahan adalah gejala penyakit ginjal yang sering dialami, terutama pada tahap selanjutnya,” tulis para ahli di Dr. Lam Coaching seperti dilansir dari Best Life. Kelelahan sering merupakan akibat dari produksi sel darah merah yang lebih rendah yang terkait dengan kesehatan ginjal bermasalah, yang menyebabkan suplai darah dan oksigen ke seluruh tubuh tidak mencukupi. “Jumlah oksigen yang berkurang ke sel menyebabkan perasaan lelah,” menurut Dr. Lam Coaching. Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan. Mengutip Best Life, CT Scan diperlukan jika tes darah menunjukkan anemia dan/atau urin terlihat jernih, tetapi di bawah pemeriksaan mikroskopis, darah ditemukan dalam urin.
  1. Sulit tidur
    Ketika ginjal bermasalah, tidak menyaring dengan benar, lebih banyak racun tetap berada di dalam darah, tidak meninggalkan tubuh melalui urin. Hal ini dapat membuat seseorang mengalami kondisi sulit tidur. Ada juga hubungan antara obesitas dan penyakit ginjal kronis. Sleep apnea lebih sering terjadi pada mereka memiliki penyakit ginjal kronis, dibandingkan dengan orang pada umumnya.
  1. Kulit kering dan gatal
    Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal stadium lanjut. Ketika kondisi ini terjadi ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah dengan tepat. Mengutip Best Life, sebuah makalah pada 2015 yang diterbitkan dalam Seminars in Nephrology mencatat bahwa hingga 40 persen pasien dengan penyakit ginjal stadium akhir mengalami pruritus atau gatal kronis. (RN)
Baca juga:  Kenali Food Coma dan Pencegahannya