Ini 9 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Ginjal

Ini 9 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Ginja
Foto: leminerale.com

Saat ini, kita bisa saja dengan mudah menjalani gaya hidup yang buruk. Kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari tersebut tanpa sadar bisa mempengaruhi kesehatan kita kedepannya.

Banyak orang kerap mengalami masalah dengan ginjal karena pola hidup mereka yang buruk. Berikut ini 9 kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal:

  1. Konsumsi makanan olahan
    Saat ini kita biasa mengkonsumsi makanan olahan yang lebih mudah didapatkan. Tetapi, makanan olahan yang dikemas mengandung banyak fosfos dan natrium. Dua bahan ini adalah penyebab utama dari kerusakan ginjal. Sehingga disarankan kita mengurngi makanan olahan seperti burger, kue kering, sosis atau sayuran kaleng.
  2. Obat penghilang rasa sakit
    Sebagian dari kita mungkin kerap mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. Tetapi, hal ini juga akan merusak ginjal kita dan memperburuk seseorang yang telah mengalami penyakit ginjal.
  3. Kurang minum air
    Air membuat tubuh kita terhidrasi dan itu juga akan bermanfaat bagi ginjal. Ginjal akan membuang racun dari tubuh dan minum air yang cukup banyak juga disarankan oleh dokter. Dehidrasi adalah salah satu penyebab seseorang mengalami kerusakan ginjal dan batu ginjal.
  4. Garam berlebih
    Makanan yang mengandung banyak garam bisa meningkatkan tekanan darah. Ginjal juga akan bekerja keras untuk mengeluarkan garam berlebih di dalam tubuh.
  5. Kurang tidur
    Kurang tidur mungkin adalah hal yang kerap kali dialami banyak orang.
  6. Makan banyak daging
    Makan daging merah juga menghasilkan asam dalam darah. Hal ini bisa berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis. Asidosis merupakan kondisi di mana ginjal tidak dapat mengeluarkan asam dengan cukup.
  7. Tidak mengobati infeksi
    Infeksi umum seperti flu, pilek, radang amandel ternyata juga berpengaruh terhadap ginjal. Infeksi yang tidak diobati dapat membahayakan ginjal karena virus juga bisa merusak ginjal kita.
  8. Jarang buang air kecil
    Buang air kecil adalah salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun. Dan jika kita menahan buang air kecil atau jarang buang air kecil, hal ini menimbulkan bahaya bagi ginjal. Karena akan ada pembentukan batu ginjal dan menyebabkan penyakit ginjal.
  9. Makanan tinggi gula
    Selain tinggi garam, makanan yang tinggi dengan gula bisa membuat seseorang mengalami obesitas dan diabetes. Konsumsi gula secara berlebiha juga akan berdampak pada ginjal kita. Hindari minuman manis, permen atau minuman bersoda. (RN)