Kamis , 15 November 2018
Home » Artikel » Ini Dampak Sering Tak Tepati Janji ke Anak

Ini Dampak Sering Tak Tepati Janji ke Anak

Ini Dampak Sering Tak Tepati Janji ke Anak

Ini Dampak Sering Tak Tepati Janji ke Anak (Foto: dok. awepii.blogspot.com)

Ini Dampak Sering Tak Tepati Janji ke Anak – Mengucap janji memang gampang. Tapi, kita juga mesti memenuhi janji itu termasuk kalau kita berjanji ke anak-anak. Sebab, keseringan nggak menepati janji ke anak juga ada dampak negatifnya.

Saya sendiri merasa sering nggak menepati janji sama keponakan saya. Ya, kadang sepele kok janji saya kayak ‘Oke, nanti tante beliin es krim ya’. Tapi nyatanya, sampai sekarang saya belum beliin si keponakan es krim.

Padahal, kalau kita menjanjikan sesuatu ke anak, misalnya bulan depan dijanjikan akan membelikan si kecil sepatu baru. Nah, orangtua harus memastikan bulan depan itu akan terjadi, artinya bulan depan orangtua memang beliin si kecil sepatu baru.

Kalau kata psikolog anak, Anastasia Satriyo M.Psi., kita jangan pernah asal ucap mau belikan anak ini itu. Soalnya, kalau ternyata orangtua nggak bisa memenuhi janji itu, efeknya anak jadi nggak percaya sama kita.

Apalagi anak kan mikirnya masih konkret operasional. Jadi kalau kita bilang iya, ya itu bakal kejadian, kata Anastasia.

Alhasil, kalau janji kita ke anak nggak pernah ditepati, anak jadi belajar nggak percaya sama orangtua. Terus, anak bisa belajar kalau omongan di lingkungan itu nggak bisa dipercaya. Itu aja efeknya? Selain itu, anak juga jadi nggak punya role model tentang gimana sih cara menepati janji.

Makanya, kata Anastasia jangan kaget kalau nantinya anak jadi nggak bisa nepati janjinya. Karena, dia mikir juga, orangtua aja nggak bisa nepati janji, jadi boleh dong itu aku lakuin.

Kalau mau membelikan anak sesuatu tapi belum tahu kapan pasti itu bisa dilakukan, Anastasia lebih menyarankan orangtua terus terang sama anak. Nggak perlu alasan yang terlalu detail. Cukup bilang kalau saat ini memang ayah atau bunda belum punya uang. Tapi nanti, kalau sudah punya uang, apa sesuatu yang dimau anak akan dibelikan.

Nah, mulai sekarang, yuk berusaha tepati janji ke si kecil. Meski mereka terkesan masih ‘bau kencur’, menganggap sepele dan dengan mudahnya ingkar janji ke anak bisa berdampak negatif untuk kehidupan mereka kelak. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates