Ini Manfaat Si Kecil Bertelanjang Kaki

Ini Manfaat Si Kecil Bertelanjang Kaki
Foto: dewiifani.com

Kebanyakan dari orangtua tidak akan membolehkan anaknya yang masih kecil untuk berjalan keluar rumah tanpa menggunakan alas kaki. Alasannya, takut kotor dan banyak kuman. Namun ternyata membiarkan si kecil bertelanjang kaki memberikan beberapa manfaat yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Berikut beberapa manfaat bertelanjang kaki untuk kesehatan bayi, seperti dilansir dari laman Boldsky.

 

  1. Meningkatkan keterampilan motorik dasar
    Dengan membiasakan si kecil untuk berjalan di lingkungan terbuka, seperti di taman dan di lapangan dapat meningkatkan kemampuan motoriknya lebih baik. Ini karena kaki yang dibiasakan bebas di alam terbuka dapat membantu anak merasakan perbedaan tekstur sehingga membantu merangsang kemampuan motorik agar berkembang secara optimal.
  1. Membantu perkembangan otot dan ligamen anak
    Membiarkan anak berjalan dengan bertelanjang kaki ternyata dapat membantu perkembangan otot kaki dan ligamen si kecil dengan tepat. Selain itu, juga dapat menguatkan kaki anak dan membentuk lengkung telapak kakinya sehingga bentuk telapaknya tidak akan rata atau biasa disebut flatfoot. Hal tersebut membuat cara berjalannya lebih seimbang.
  1. Bertelanjang kaki membuat keseimbangan anak menjadi lebih baik
    Melatih anak berjalan telanjang kaki dapat merangsang sensorinya. Selain itu, anak yang dibiasakan bertelanjang kaki mudah menyeimbangkan tubuh mereka karena mereka terbiasanya menggunkaan jari kaki mereka untuk mencengkeram tanah saat mereka berjalan.
  1. Membuat kaki tetap terasa segar
    Faktanya, membiarkan anak berjalan dengan bertelanjang kaki dan bersentuhan langsung dengan udara terbuka membuat kaki menjadi lebih segar. Selain itu dapat menjaga kelembapan yang baik untuk kulit dan kakinya. Meskipun sebagian besar orang tua merasa membiarkan si kecil berjalan tanpa alas kaki akan menyebabkan banyak kuman, namun sebaliknya hal tersebut justru menghambat kuman atau bakteri berkembang biak karena terpapar udara segar.
  1. Meningkatkan sirkulasi darah
    Berjalan tanpa alas kaki ternyata dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang ujung saraf. Selain itu, anak-anak akan terbiasa dengan habitat mereka, tanah, dan lingkungan alam.
  1. Mengurangi risiko cidera
    Membiasakan anak bertelanjang kaki tentu membuat kaki dan jari kaki si kecil bebas bergerak dan bernapas. Selain itu, akan mengurangi kemungkinan cedera yang diakibatkan penggunaan sepatu atau alas kaki yang sempit. Si kecil yang terbiasa untuk berjalan di tempat yang memiliki tekstur berbeda-beda pun akan sedikit mengalami luka saat berjalan diatas permukaan yang kasar.
  1. Lebih sensitif terhadap lingkungan
    Bertelanjang kaki mampu membuat anak memiliki pengalaman yang berpotensi membentuk pikiran mereka. Selain itu mereka mengenali tekstur seperti sungai, rumput, kerikil, dan lumpur. Hal tersebut dapat membuat mereka menjadi lebih sensitif atau peka terhadap lingkungan. (RN)