Jika Tertular Covid-19, Penderita Diabetes Rentan Komplikasi

Jika Tertular Covid-19, Penderita Diabetes Rentan Komplikasi
Foto: health.grid.id

Banyak laporan menyebutkan bahwa orang dengan kondisi kesehatan seperti diabetes, lebih rentan terhadap komplikasi jika merek tertular Covid-19. Hal itu disampaikan Dr Muhammad Hamed Farooqi Direktur dan Konsultan Endokrinologis, Pusat Diabetes Dubai.

Menghadapi kondisi pandemi, menurut Farooqi, tidak perlu panik. “Tidak perlu panik karena jika Anda panik, itu akan menciptakan lingkaran setan di mana tingkat kecemasan dan kadar gula darah akan naik,” kata Dr Farooqi seperti dikutip Gulf News, baru-baru ini.

Menurutnya, jika diabetes Anda tidak terkendali dengan baik, itu dapat menyebabkan resistensi terhadap penyakit apa pun menjadi lebih rendah. Karena itu, ketika Anda melakukan perlawanan setelah terkena virus, mungkin respons kekebalan Anda mungkin tidak sama dengan seseorang yang tidak menderita diabetes,” jelasnya.

Dr Farooqi mengakui bahwa situasi saat ini dapat menyebabkan stres dan penting bagi penderita diabetes untuk mengelola kesehatannya dengan benar dan berkonsultasi dengan dokter jika melihat peningkatan kadar gula darah. Saat ini, merupakan waktu yang penuh tekanan dan ketika stres, kadar gula darah cenderung naik sebagai akibat dari efek stres pada bahan kimia dalam tubuh.

“Sebagai contoh, tingkat adrenalin kita naik setiap kali stres. Jika Anda merasa stres dan Anda berpikir kadar gula darah lebih tinggi dari biasanya, saran terbaik adalah berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda,” ungkapnya.

Pada dasarnya, apabila terjadi peningkatan kadar glukosa darah, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Dengan banyak dari kita bekerja dari rumah karena Covid-19, Dr Farooqi mengatakan bahwa sangat penting untuk mengambil langkah-langkah untuk tetap sehat.

“Ada begitu banyak saran yang tersedia. Beberapa orang berlari maraton di dalam flat mereka, mungkin untuk berolahraga. Untuk mempertahankan diet sehat, saya sarankan untuk tidak mengisi lemari es dengan makanan yang tidak seharusnya Anda miliki, seperti soda. Juga, pastikan Anda memiliki camilan sehat dan bebas gula jika Anda cenderung ngemil,” kata dia.

Lebih jauh Dr Farooqi menuturkan bahwa penting juga untuk berupaya meminimalkan risiko infeksi dengan mengikuti saran pemerintah, terutama jika Anda menderita diabetes. (RN)