Kenali Berbagai Penyakit Tulang dan Persendian

Kenali Berbagai Penyakit Tulang dan Persendian
Foto: tempo.co

Penyakit tulang dan persendian diderita banyak orang. Banyak faktor mengapa sampai orang terkena penyakit tersebut. Berikut berbagai macam penyakit tulang dan persendian. Berikut beberapa penyakit tulang:

  1. CTEV (Congenital Talipes Equinovarus)
    CTEV adalah kelainan kaki yang sering muncul saat bayi baru lahir (cacat lahir). Kelainan pada kaki yang juga disebut clubfoot ini memiliki kondisi kaki bayi terpelintir dari bentuk atau posisi normalnya. Bayi yang baru lahir menderita CTEV harus segera mendapatkan pengobatan. Biasanya dokter dapat mengobati CTEV tanpa pembedahan, meskipun terkadang memerlukan tindakan operasi.
  1. Spondilosis
    Spondilosis merupakan suatu proses degenerasi (penuaan) yang biasanya terjadi pada usia di atas 40 tahun. Dengan bertambahnya usia, tulang dan ligamen mengalami kerusakan termasuk cakram bantalan pada tulang belakang (diskus invertebralis).
  1. Osteoarthritis
    Osteoarthritis adalah kondisi kronis yang paling sering menyerang sendi. Penyakit tulang dan persendian ini terjadi ketika tulang rawan atau bantalan di antara sendi rusak yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kaku. Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan osteoarthritis di antaranya kelebihan berat badan, cedera, dan gen.
  1. Osteomielitis
    Osteomielitis adalah infeksi bakteri pada jaringan tulang. Penyakit tulang ini paling sering disebabkan oleh organisme Staphylococcus aureus, yang menyerang tulang melalui aliran darah atau oleh cedera terbuka pada tulang secara langsung.
  1. Osteomalacia
    Osteomalacia adalah suatu kondisi di mana tulang menjadi lunak karena mineralisasi tulang yang tidak memadai. Kondisi ini terjadi akibat kekurangan vitamin D, kalsium dan fosfor. Osteomalacia dapat diatasi dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium atau vitamin D.
  1. Osteoporosis
    Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana terjadi ketidakseimbangan antara proses pembentukan dan pengerusakan pada tulang yang terjadi dalam waktu lama, sehingga mengalami pelemahan, penipisan dan menyebabkan pengeroposan tulang. (RN)