Lebih Jauh Tentang Saraf Kejepit

Lebih Jauh Tentang Saraf Kejepit
Foto: hellosehat.com

Penyakit saraf kejepit atau dikenal dengan kecetit merupakan salah satu hal yang banyak dialami orang sehari-hari. Masalah yang dialami ini dapat membuat kita jadi kesulitan untuk beraktivitas sehari-hari karena rasa sakit dan nyeri yang muncul ini.

“Saraf kecetit atau hernia nucleus pulposus (HNP) adalah terjepitnya saraf saat melewati kanalis spinalis oleh penonjolan nukleus pulposus (bantalan tulang belakang/diskus),” jelas dr. Siti Nurlaela, SpS dari RS Hermina TangkubanPrahu, Malang.

Rasa sakit yang muncul karena kecetit ini sungguh sangat menyiksa kegiatan sehari-hari. Nurlaela menjelaskan bahwa terjadinya penyakit ini juga dapat menyebabkan gangguan terhadap fungsi sensorik.

“HNP ini memberikan gejala nyeri yang menjalar dari pinggang sampai kaki sesuai perjalanan saraf tersebut, dapat pula disertai gangguan fungsi sensorik (tebal, kesemutan) bahkan kelemahan otot,” urainya.

Lalu mengapa sering kali nyeri dari kecetit ini dialami di bagian punggung? Nurlaela menyebut karena fungsi tulang di bagian belakang tersebut yang memang menyangga berat badan.

“HNP paling sering terjadi pada tulang belakang lumbal 4-5 karena fungsi utamanya yang menyangga berat badan, mobilitas daerah tersebut tinggi, dan ligamen longitudinal posterior yang berfungsi menguatkan tulang belakang relatif lebih kecil dibanding bagian tulang belakang yang lain,” jelas Nurlaela.

Rasa sakit karena kecetit ini dapat bertambah nyeri terutama jika terpicu oleh sejumlah hal. Aktivitas sehari-hari yang terjadi serta berbagai hal dapat memicu munculnya rasa nyeri ini.

“Nyeri terutama jika mengangkat beban, bersin, batuk atau mengejan,” tandasnya. (RN)