Masalah Kulit pada Anak, Atasi Segera

Masalah Kulit pada Anak, Atasi Segera
Foto: hellosehat.com

Banyak orangtua kesulitan mengatasi masalah kulit pada anak. Ini karena kulitnya yang sensitif. Pembawa acara sekaligus dokter, Reisa Broto Asmoro berbagi pengalamannya mengatasi masalah kulit pada anak.

Reisa mengaku kedua anaknya memiliki masalah kulit yang berbeda. Berdasarkan hasil pemeriksaan, anak keduanya, Yoda yang baru berusia 4 bulan megalami dermatitis atopik atau eksim. Dia pun berusaha memberikan perlindungan dengan cara memberikan perawatan kulit yang tepat.

“Ania (anak pertama) waktu bayi ruam asi di wajah. Anak kedua, baby Yoda kemerahan, kering, gatal, mengelupas,” kata Reisa.

“Begitu diperiksa dia atopik. Kita cari solusi apakah airmya atau apa. Setiap anak memiliki jenis kulit yang berbeda. Atopik tidak muncul terus. Naik turun. Bila daya tahan tubuh turun akan muncul ruamnya. Makanya pakai krim khusus untuk atopik,” tambah dia.

Pada kondisi ini, Reisa menyarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan hypoallergenic. Pastikan juga keamanan produk tersebut sudah teruji. Sementara, American Academy of Dermatology mengungkapkan, 1 dari 5 anak berisiko terkena dermatitis atopik yang penyebabnya belum diketahui secara pasti.

Namun, kondisi ini diperkirakan berasal dari faktor keturunan, sistem imun yang rendah dan pada umumnya lebih sering terjadi di daerah perkotaan dengan iklim kelembapan yang rendah. “Pilih yang hypoallergenic, sudah teruji. Mengenali jenis kulit anak adalah langkah pertama untuk melindungi kulitnya,” tandasnya. (RN)