Mengenal Dysania Istilah Susah Bangun dari Tempat Tidur

Mengenal Dysania Istilah Susah Bangun dari Tempat Tidur
Foto: davinadiaries.com

Apakah Anda pernah mengalami bangun tidur di pagi hari terasa sangat berat? Bukan karena letih atau malas, tetapi suasana hati sedang tidak mau dipaksa beranjak dari tempat tidur.

Theriseandshine menyebut dysania, atau disebut juga clinomania, sebagai istilah untuk menggambarkan kondisi tersebut. Tidak dikenal secara resmi, tetapi banyak orang mengaku mengalaminya khususnya di pagi hari.

Susah bangun pada kondisi ini berbeda dengan susah bangun karena lelah. Menurut orang-orang yang mengalaminya, susah bangun karena dysania bisa disertai dengan kegelisahan.

Sedangkan menurut Mayo Clinic, terlalu banyak tidur dan selalu mengantuk sepanjang hari merupakan salah satu gejala depresi  atipikal atau atypical depression. Berbeda dengan depresi mayor, suasana hati pada depresi atipikal bisa membaik pada situasi yang positif.

Gejala lain yang muncul pada depresi atipikal adalah peningkatan nafsu makan, disertai dengan peningkatan berat badan. Jadi kalau tubuh menggemuk dan susah bangun di pagi hari, harus waspada nih! Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan psikolog. (RN)