Mengenal Gejala Awal Penyakit Usus Buntu

Tekan Demensia Dengan Tetap Beraktivitas
Foto: dedaunan.com

Banyak orang mengabaikan sakit di bagian perut sebelah kanan dan menganggapnya hanya sakit biasa. Padahal, itu bias menjadi gejala awal penyakit usus buntu.

Penyakit usus buntu umumnya baru dirasakan ketika sudah meradang, pecah, dan mengalami infeksi. Masalah usus buntu ini bisa menyebabkan rasa sakit dan bahkan harus dirawat dengan cara operasi.

Berbagai macam bisa jadi penyebab munculnya penyakit ini. Dilansir dari Health Me Up, berikut beberapa gejala awal yang menandai seseorang tengah mengalami usus buntu.

  1. Sakit di bagian pusar
    Gejala pertama usus buntu adalah rasa tak nyaman atau sakit pada bagian pusar. Rasa sakit ini selanjutnya akan bergerak ke perut bagian bawah secara perlahan.
  1. Rasa sakit kian parah
    Awalnya rasa sakit akan terasa biasa saja, namun dalam hitungan jam bisa menjadi semakin parah dan sangat parah. Rasa sakitnya bahkan bisa sangat intens. Biasanya seseorang akan kesulitan melakukan apapun ketika mengalami sakit ini.
  1. Demam
    Usus buntu biasanya ditandai dengan demam serta munculnya rasa sakit pada bagian perut. Ketika situasi dan keadaan semakin parah, demam pun semakin tinggi.
  1. Mual dan muntah
    Gejala lain usus buntu adalah rasa mual yang disertai dengan muntah. Awalnya hal ini mungkin terlihat seperti penyakit lainnya yang lebih ringan, namun jika hal ini tidak berhenti hingga lebih dari 12 jam, kamu harus segera memeriksakannya karena mungkin saja ini usus buntu.
  1. Diare
    Dalam banyak kasus usus buntu, sakit perut yang parah biasanya disertai dengan diare. Kotoran yang dikeluarkan biasanya juga mengandung lendir. Jika ini yang terjadi pada kamu, segera pergi ke dokter untuk memeriksakan diri.
  1. Perut kembung dan sering buang gas
    Perut kembung dan sering buang gas tak tampak seperti gejala penyakit berbahaya dan bahkan tampak seperti ketika masuk angin. Namun jika keadaan ini diikuti dengan rasa sakit pada perut bagian bawah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi ini usus buntu.
  1. Nyeri perut
    Untuk mengecek apakah kamu memiliki usus buntu, coba tekan perut bagian bawah sebelah kanan, kemudian lepaskan. Jika kamu mengalami rasa sakit saat tekanan dilepas, maka itu merupakan gejala usus buntu yang pecah.

Jika memang sejumlah hal itu cukup sering kamu alami, segera periksakan dirimu untuk mengobati penyakit tersebut. (RN)