Myeloma, Kanker Sumsum Tulang Tanpa Gejala

Myeloma, Kanker Sumsum Tulang Tanpa Gejala 

Myeloma, Kanker Sumsum Tulang Tanpa Gejala
Foto: myleomacorp.com

Multiple myeloma, juga dikenal sebagai myeloma adalah jenis kanker sumsum tulang. Sumsum tulang adalah jaringan spons di pusat beberapa tulang yang menghasilkan sel-sel darah tubuh.

Disebut multiple myeloma karena kanker sering memengaruhi beberapa area tubuh, seperti tulang belakang, tengkorak, panggul, dan tulang rusuk.

Pada tahap awal, myeloma mungkin tidak menimbulkan gejala apapun. Seringkali hanya dicurigai atau didiagnosis setelah tes darah atau urine rutin. Akhirnya, sesuai rangkuman yang dilansir dari NHS, myeloma menyebabkan berbagai masalah, termasuk:

  • Nyeri tulang yang persisten, biasanya di punggung, tulang rusuk atau pinggul
  • Kelelahan, kelemahan dan sesak napas – disebabkan oleh anemia
  • Kadar kalsium yang tinggi dalam darah (hiperkalsemia) – dapat menyebabkan gejala termasuk rasa haus yang ekstrem, sakit perut, sering buang air kecil, konstipasi atau kebingungan
  • Penurunan berat badan
  • Penglihatan kabur, pusing atau sakit kepala – disebabkan oleh darah yang mengental (hiperviskositas)
  • Infeksi berulang
  • Memar dan perdarahan yang tidak biasa – seperti sering mimisan, gusi berdarah, dan menstruasi berat
  • Tulang lemah yang mudah patah. Jika ini memengaruhi tulang belakang, dapat menyebabkan gejala seperti kesemutan, mati rasa dan kelemahan pada tungkai dan kaki, dan masalah mengendalikan kandung kemih dan usus, yang memerlukan penyelidikan darurat
  • Masalah ginjal
Baca juga:  Mau Hidup Bahagia? Rajinlah Bersedekah

Myeloma biasanya tidak menyebabkan benjolan atau tumor. Sebaliknya, itu merusak tulang dan memengaruhi produksi sel darah yang sehat.

Penyebab multiple myeloma 

Tidak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan multiple myeloma. Namun, ada hubungan erat antara multiple myeloma dan kondisi yang disebut monoclonal gammopathy of unknown significant (MGUS). Yakni, kelebihan molekul protein, yang disebut imunoglobulin, dalam darah. Multiple myeloma juga lebih sering terjadi pada:

  1. Laki-laki
  2. Orang dewasa di atas 60 tahun
  3. Orang kulit hitam – berkisar dua kali lebih umum pada populasi kulit hitam daripada populasi kulit putih dan Asia
  4. Orang dengan riwayat keluarga MGUS atau multiple myeloma

Pengobatan multiple myeloma 

Perawatan sering kali dapat membantu mengendalikan kondisi selama beberapa tahun, tetapi sebagian besar kasus multiple myeloma tidak dapat disembuhkan.

Perawatan untuk multiple myeloma biasanya meliputi:

  • Obat anti myeloma untuk menghancurkan sel myeloma atau mengontrol kanker ketika datang kembali (kambuh)
  • Obat-obatan dan prosedur untuk mencegah dan mengobati masalah yang disebabkan oleh myeloma – seperti nyeri tulang, patah tulang, dan anemia
Baca juga:  Waspadai, Ada 2 Faktor Risiko Stroke yang Mengintai

Jika Anda memiliki gejala multiple myeloma, segera temui dokter. Dokter akan memeriksa nyeri tulang, perdarahan, tanda-tanda infeksi dan gejala lain yang menunjukkan mungkin menderita myeloma. Jika dicurigai myeloma, akan dirujuk ke konsultan hematologi (spesialis kondisi darah) untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. (RN)