Penting Jaga Kesehatan Mental dan Emosi di Kekinian

Penting Jaga Kesehatan Mental dan Emosi di Kekinian

Penting Jaga Kesehatan Mental dan Emosi di Kekinian
Foto: farmaku.com

Saat ini, intensitas hujan semakin tinggi. Karena itu menjaga kesehatan tubuh menjadi sesuatu yang harus benar-benar diperhatikan. Apalagi, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya melandai. Dalam kondisi demikian, bila emosi rapuh, tubuhpun akan mudah didera penyakit.

 Harus dipahami bahwa pikiran yang sehat bisa jadi pemicu dari tubuh yang sehat juga, terlebih dalam melawan ancaman penyakit. Untuk itu, penting menjaga pikiran dan emosi tetap dalam kondisi terbaik. Ketika diimbangi dengan gaya hidup yang sehat dan menjaga kebersihan, hal ini bisa membuatmu terlindung dari serbuah penyakit. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan emosi ini.

Menjaga kesehatan emosional dalam tubuhmu ini bisa kamu lakukan dengan sejumlah cara. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan emosional.

  • Kenali kondisi tubuh
    Mengetahui lebih dalam kondisi tubuh bisa membantu dalam menjaga kesehatan emosional. Kenali tanda kecemasan, kesedihan, kemarahan, serta perubahan di tubuh seperti menurunnya nafsu makan, rasa sakit, atau rasa panas dan dingin yang dialami. Mengetahui lebih awal kondisi tubuh bisa membantu mencegah risiko munculnya masalah yang lebih berat dan mengatasinya secepat mungkin.
  • Lakukan hal yang menyenangkan
    Untuk mencegah dari serangan stres, menjaga kesenangan serta gaya hidup yang baik bisa menjadi cara. Lakukan rutinitas normal sehari-hari, konsumsi makan sehat, tetap aktif secara fisik, serta tidur yang cukup. Lakukan banyak interaksi dengan teman dan keluarga serta lakukan kegiatan menyenangkan untuk membuatmu sehat secara emosional.
  •  Hindari berita bohong
    Pada saat meningkatkan ketakutan akibat virus corona seperti saat ini, banyak kabar bohong beredar mengenai penyakit tersebut. Sangat penting untuk mengetahui kebenaran mengenai suatu berita agar terhindar dari kondisi tak menentu dan membuat stres. Walau begitu, ketika situasi memburuk, sebaiknya kamu berhenti sementara waktu untuk membaca berita dan mulai tenangkan pikiran.
  • Terapkan gaya hidup sehat
    Gaya hidup sehat dan bersih merupakan cara terbaik dalam menangkal berbagai masalah kesehatan yang mungkin muncul. Usahakan untuk hindari sentuhan ke wajah serta cuci tangan secara rutin. Hindari juga interaksi dengan orang yang sedang sakit,  terutama yang batuk dan bersin. (RN)
Baca juga:  Cegah Hipertensi, Perbanyak Makanan yang Mengandung Potasium