Minggu , 16 Desember 2018
Home » Artikel » Perhatikan Menu Gizi Seimbang Harian Bagi Anak

Perhatikan Menu Gizi Seimbang Harian Bagi Anak

Perhatikan Menu Gizi Seimbang Harian Bagi Anak

Foto: dok. makarame.com

Berdasarkan data Rikesdas 2013, saat ini masih banyak anak Indonesia yang mengalami kekurangan gizi kronis, yang ditandai dengan tingginya prevalensi stunting (tumbuh pendek) pada anak usia 1-5 tahun sebesar 37%, diikuti dengan  prevalensi obesitas semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Kondisi ini sejalan dengan  Data Global Nutrition Report 2016, Indonesia termasuk di dalam 5 besar negara dengan masalah kekurangan gizi kronis dengan tingkat 36,4%.

Kondisi malnutrisi ini bisa terjadi lantaran pengetahuan masyarakat yang tidak memadai terkait gizi seimbang. Sebagai pihak akademis, IPB melihat perlu dilakukan intervensi terkait dengan peningkatan gizi bagi anak.

Mengingat asupan anak yang sehat berawal dari isi piring makannya. Asupan makanan bergizi bagi anak dalam isi piring makan anak adalah sebaiknya kombinasi 50 % buah dan sayur, serta 50 % karbohidrat dan protein; dengan pembagian sepertiga lauk dan dua pertiga karbohidrat.

Dalam memberikan edukasi panduan makan sekali saji untuk anak usia 4-6 Tahun  dibutuhkan peranan dari guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), mengingat sekolah adalah rumah kedua bagi anak. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates