Ragam Penyakit yang Bikin Orang Jadi Pelupa

Ragam Penyakit yang Bikin Orang Jadi Pelupa
Foto: plenglish.com

Ragam Penyakit yang Bikin Orang Jadi Pelupa

Kalau orang terlalu sering lupa, apakah menjadi penanda dari suatu penyakit?

Lupa merupakan kondisi kesehatan diartikan sebagai kegagalan terus-menerus dalam mengingat. Ketika mengalami lupa, mereka merasa lebih sulit untuk mengingat informasi, peristiwa, mempelajari hal-hal baru, atau membentuk ingatan baru.

Menurut sains, otak mungkin hanya memiliki beberapa gigabyte ruang penyimpanan secara aktif. Namun, sel saraf atau neuron pada otak mampu mendongkrak kapasitas penyimpanan memori otak hingga mendekati satu juta gigabyte.

Membaca fakta ini, tentu Anda berpikir bahwa mustahil otak bisa lupa. Pada kenyataannya, lupa adalah suatu yang normal terjadi dari waktu ke waktu. Namun, kelupaan yang ekstrem atau hilang ingatan bisa menjadi tanda dari kondisi yang serius.

Oleh karena itu, mengidentifikasi penyebab lupa itu sangatlah penting. Dilansir dari Times Now News, berikut lima penyakit yang bisa membuat orang sering jadi pelupa.

  1. Alzheimer
    Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyebab paling umum dari lupa. Ini adalah penyakit progresif yang menghancurkan memori dan fungsi otak lainnya. 
  1. Menopause
    Menopause baru-baru ini dikaitkan dengan lupa. Kelupaan bisa menjadi gejala umum saat wanita berada dalam tahap menopause. Kelupaan selama menopaues mungkin juga berhubungan dengan usia.
  1. Gangguan kesehatan mental
    Kesehatan mental yang buruk yang ditandai dengan stres, depresi, atau kecemasan juga bisa menjadi penyebab orang jadi pelupa. Seseorang dengan gangguan mental cenderung tersesat dalam pikiran mereka, tidak dapat mengingat peristiwa atau memiliki ingatan yang kuat tentang apa yang terjadi.
  1. Hipotiroidisme
    Ketidakseimbangan tiroid, terutama tiroid yang kurang aktif dapat mengganggu ingatan seseorang. Tiroid dapat ditangani sedari dini, tetapi ketidakseimbangannya mungkin memerlukan pengobatan yang terus-menerus agar dapat berfungsi dengan baik.
Baca juga:  Kelola Tekanan Darah Dengan 5 Langkah Ini

Penggunaan alkohol juga dapat mengganggu ingatan. Alkohol memengaruhi otak dan sistem saraf pusat, membuat memori peristiwa yang dialami di bawah pengaruh alkohol menjadi tidak jelas. Selain itu, obat-obatan tertentu dapat mengganggu ingatan. Jika Anda mengalami masalah memori akibat penggunaan obat apa pun, segeralah berkonsultasi dengan dokter. (RN)