Sabtu , 15 Desember 2018
Home » Artikel » Saat Gula Darah Tinggi, Simak 6 Hal Penting Ini

Saat Gula Darah Tinggi, Simak 6 Hal Penting Ini

Saat Gula Darah Tinggi, Simak 6 Hal Penting Ini

Saat Gula Darah Tinggi, Simak 6 Hal Penting Ini (Foto: dok. ehatfresh.com)

Saat Gula Darah Tinggi, Simak 6 Hal Penting Ini – Gula darah yang tinggi bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Penyebabnya tak hanya dari makanan manis, namun dapat terjadi karena stres atau gangguan masalah kesehatan lain.

Jika kamu mencurigai adanya gula darah yang tinggi, sebaiknya kamu melakukan enam hal berikut ini agar membantunya cepat kembali di angka normal. Dilansir Health, simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Tes gula darah sebelum makan dan dua jam sesudahnya
    Ketika memiliki diabetes tentunya Anda harus sadar dan rajin mengontrol gula darah, terutama saat gula darah juga sedang tinggi. Lakukan pengujian sebelum makan dan dua jam sesudahnya. “Ini akan menginformasikan seberapa baik obat yang Anda gunakan untuk membantu mengontrol gula darah. Ini juga akan menjelaskan makanan apa yang meningkatkan gula darah terlalu tinggi sehingga harus dihindari,” kata Donna Rice, presiden dari American Association of Diabetes Educators.
  2. Amati pola
    Jika gula darah tinggi di pagi hari pada satu hari, bukan masalah besar. Jika itu terus terjadi, itu bisa berarti buruk. “Siapa pun dapat memiliki gula darah yang tinggi atau rendah, tubuh Anda mungkin telah berkompensasi,” kata Rice. Jika mereka tinggi setiap pagi, itu penting karena itu berarti organ hati memproduksi terlalu banyak gula pada malam hari yang mungkin membuatmu memerlukan obat baru atau tambahan.
  1. Perubahan sehat
    Buat perubahan kecil yang menjadikan Anda lebih sehat. Misalnya dengan meningkatkan intensitas olahraga dan membatasi asupan karbohidrat pada makanan. Tapi jangan berlebihan. “Sekali gula darah tinggi ini tidak mengindikasikan kebutuhan untuk perubahan besar yang seharusnya hanya dilakukan pada pola,” kata Rice. Tapi kalau sebuah pola berlanjut selama dua hingga tiga hari atau lebih, maka kamu mungkin butuh berkonsultasi dengan dokter.
  1. Ingat-ingat apa yang kamu lakukan sebelumnya
    Ketika seseorang mengetahui apa yang dapat memicu gula darahnya tinggi, akan lebih baik bila dia menghindarinya di kemudian hari.
  1. Tenangkan diri
    Bukan hanya makanan yang bisa mengubah gula darah yang naik turun, tapi juga stres. Karena itu, biasakan membawa diri tenang dalam segala situasi, jangan mudah panik.
  1. Berkonsultasi pada dokter
    Sudah coba berbagai hal tapi gula darah masih tetap tinggi? Maka sebaiknya konsultasikan pada dokter. Diabetes adalah penyakit progresif, dan seiring waktu, sel-sel beta di pankreas yang memproduksi insulin dapat berhenti membuat hormon. “Jadi, meski kondisi Anda bertahan selama bertahun-tahun, itu bisa berubah jika sel beta berubah, yang biasanya merupakan perubahan bertahap tapi bisa mendadak,” jelas Rice. Perubahan itu tidak berarti Anda telah melakukan banyak kesalahan dengan melanggar pantangan dokter, namun ini memang sifat penyakit diabetes. Sel beta seiring waktu produksinya memang akan menurun. Perlu uji dari dokter untuk memastikan apa yang sebenarnya sedang terjadi. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates