Simak Resoluasi Sehat di 2020

Simak Resoluasi Sehat di 2020
Foto: kompasiana.com

Tahun 2019 telah berakhir. Kini kita telah memasuki 2020. Menjalani pola hidup sehat menjadi salah satu resolusi yang selalu direncanakan banyak orang. Resolusi yang sudah disusun pun begitu beragam. Mulai dari rajin berolahraga, istirahat yang cukup, banyak minum air putih hingga tetap begerak aktif.

Cara ini dipercaya bisa membantu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan lebih baik selama satu tahun ke depan. Sementara, Anda yang belum memiliki resolusi kesehatan, berikut resolusi yang bisa Anda aplikasikan di tahun baru seperti dilansir dari Refinery29.

  1. Minum lebih banyak air
    Selain membuat Anda tetap terhidrasi, air membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel di seluruh tubuh Anda dan membantu organ membuang bahan limbah. Berapa banyak air yang dibutuhkan tergantung pada banyak faktor, seperti ukuran tubuh dan tingkat aktivitas. Namun, para ahli menyarankan untuk minum 2 liter air atau setara dengan 8 gelas sehari.
  2. Prioritaskan perawatan diri
    “Bagi sebagian orang, perawatan diri dapat berarti menetapkan batasan dengan rekan kerja atau hubungan pribadi mereka,” kata Natasha Bhuyan, MD, seorang dokter terdaftar di One Medical di Phoenix, Arizona. Bagi yang lain, itu mungkin berarti meringkuk dengan buku yang bagus. Namun bagi yang lain, itu mungkin berarti berfokus pada makan sehat atau tidur lebih banyak. Ini berarti melepaskan diri dari media sosial.
  3. Proaktif terhadap perawatan pencegahan
    Bhuyan mengungkapkan bahwa banyak orang tidak menyadari bahwa kunjungan kesehatan perawatan primer juga dapat membantu mengelola kesehatan mental, tidur, kebiasaan makan yang sehat, dan aktivitas Anda. Sayangnya, banyak orang yang menganggap bahwa sistem perawatan kesehatan sebagai sistem perawatan orang yang sakit dan mereka hanya mencari perawatan ketika mereka merasa sakit. “Namun, penting bagi setiap orang untuk memiliki penyedia layanan primer agar dapat fokus untuk tetap sehat melalui perawatan pencegahan,” kata dia.
  1. Memberikan banyak perhatian untuk menjaga kesehatan mental
    Ada bukti kuat bahwa perhatian bermanfaat bagi kesehatan kita secara keseluruhan.
  1. Lebih sedikit duduk
    Ini mungkin sulit jika Anda bekerja 5—9 jam yang mengharuskan duduk di depan komputer sepanjang hari. Namun, duduk dalam waktu lama dan tidak bergerak aktif telah dikaitkan dengan meningkatnya perasaan cemas dan ada bukti bahwa hal ini dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular dan diabetes.
  1. Kurangi alkohol
    Bukan rahasia lagi bahwa mengkonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan dapat memnyebabkan masalah kesehatan. Mengurangi alkohol dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan akan mengenjutkan diri Anda sehingga Anda bisa terus melakukannya. (RN)