Terhindar Dari Ambeien, Hindari 7 Kebiasaan Buruk Ini

Terhindar Dari Ambeien, Hindari 7 Kebiasaan Buruk Ini
Foto: otc-fahrenheit.com

Ambeien atau wasir merupakan salah satu penyakit yang bakal sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Masalah kesehatan ini bakal terasa lebih menyebalkan ketika dialami oleh seseorang yang butuh untuk duduk dalam waktu lama.

Masalah kesehatan berupa ambeien atau wasir ini bukan merupakan hal yang aneh dialami terutama pada orang dewasa. Setidakanya tiga dari empat orang dewasa bakal mengalami masalah ini.

Masalah yang terjadi ini berupa bengkaknya pembuluh darah baik di luar atau pun di dalam anus. Masalah yang dialami bisa berupa pendarahan, serta munculnya rasa gatal dan tak nyaman di anus. Munculnya penyakit ini sendiri biasanya dipicu oleh faktor gaya hidup. Kondisi kurang gerak dan olahraga serta makanan kurang serat bisa menyebabkan seseorang mengalami ambeien.

Sejumlah kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari, bisa tanpa disadari menjadi faktor penyebab masalah kesehatan ini. Dilansir dari Reader Digest, berikut sejumlah kebiasaan yang bisa jadi pemicu terjadinya wasir atau ambeien.

  1. Mengangkat beban berat
    Kebiasaan memindahkan beban berat seperti kursi atau hal lain bisa menjadi penyebab munculnya ambeien. Hal ini bisa meningkatkan tekanan pada rektum sehingga pembuluh darah di anus membengkak seperti balon dan menyebabkan terjadinya ambeien. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya angkat beban dengan benar dan pusatkan berat di lutut dan bukan punggung.
  2. Olahraga berlebih di gym
    Olahraga berlebih di gym bisa menjadi penyebab masalah kesehatan ini terutama ketika melakukan olahraga angkat beban. Oleh karena itu, sebaiknya pilih olahraga yang tak terlalu berat dan sesuai denganmu.
  3. Terlalu lama buang air besar
    Terlalu lama duduk di kloset untuk buang air besar merupakan salah satu penyebab munculnya ambeien. Hal ini bakal diperparah ketika kamu sering menggunakan smartphone saat buang air besar. Hal ini bisa menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di anus sehingga menyebabkan terjadinya wasir.
  4. Pilihan makanan yang tak tepat
    Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji serta kemasan bisa membuatmu kekurangan serat. Hal ini bisa menyebabkan masalah saat buang air besar. Ketika serat dalam tubuh cukup, kamu bisa buang air besar dengan lancar dalam kondisi yang tepat.
  5. Sulit buang air besar
    Kurangnya serat yang kamu alami bisa berujung pada munculnya konstipasi dan tinja yang mengeras. Hal ini bisa berdampak pada sulit buang air besar dan tekanan ini bisa berdampak munculnya ambeien. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa berolahraga, makan cukup serat, serta pastikan cukup minum.
  6. Diare
    Sama seperti ketika sulit buang air besar, buang air yang terlalu lancar dan sering juga dapat menyebabkan terjadinya ambeien. Mengatasi masalah ini bisa mengurangi risiko kambuhnya ambeien yang terjadi pada dirimu.
  7. Kurang olahraga
    Menjaga tubuh tetap aktif bisa membantumu menjaga berat badan sehat dan mengurangi risiko ambeien. Ketika kurang gerak, seseorang bakal mengalami masalah berupa kelebihan berat badan yang memberi tekanan ekstra pada bagian pantat. (RN)