Waspadai Ada Kanker Lain yang Bikin Kejantanan Diamputasi

Waspadai, Ada Kanker Lain yang Bikin Kejantanan Diamputasi
Foto: hellosehat.com

Tidak hanya kanker prostat yang mengancam kaum pria. Terdapat satu lagi jenis kanker ganas yang dapat menyerang pria. Kanker penis ini menyerang organ vital pria dan ternyata lebih ganas serta dapat lebih cepat berujung pada kematian.

Penyakit ini rupanya berkaitan erat dengan infeksi Human Papiloma Virus (HPV) layaknya kanker serviks pada wanita. Gejala awalnya yaitu muncul ruam di area alat vital pria.

Berbeda dengan kanker prostat, kanker penis harus langsung diobati karena lebih agresif. Deteksi dini merupakan satu-satunya harapan agar dapat mempertahankan genital pria. Lebih buruknya lagi, kanker penis dapat menyerang kelenjar getah bening.

“Kelenjar getah bening merupakan titik pengedaran sel kanker. Dia bagaikan kereta api, kalau  kanker masuk, sel akan cepat menyebar,” kata Poh Beow Kiong, pakar Urologi Parkway Hospitals Singapore.

Gejala yang perlu diperhatikan adalah munculnya benjolan, ruam atau lecet yang tak kunjung sembuh serta pendarahan pada penis. Kebiasaan merokok, seks bebas, dan infeksi HIV, dapat memperbesar risiko kanker penis.

Poh menegaskan, amputasi penis menjadi jalan satu-satunya ketika kanker sudah sangat akut. Dokter akan menilai apakah pengangkatan penis dilakukan sepenuhnya atau hanya sebagian (parsial).

“Jika hanya sebagian masih bisa ereksi namun hubungan seks akan sulit karena tidak bisa penetrasi. Yang penting pasien masih bisa buang air kecil sambil berdiri,” tandasnya. (RN)