Waspadai, Lansia Lebih Rentan Alami Kanker Darah

Waspadai, Lansia Lebih Rentan Alami Kanker Darah

Lansia Lebih Rentan Alami Kanker Darah
Foto: popmama.com

Lantaran kekebalan tubuh seseorang cenderung menurun seiring meningginya usia, tak heran kelompok umur tua sangat rentan dihinggapi berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang banyak mengintai pada lanjut usia (lansia) adalah kanker darah. Sebab, selain karena imunitas yang menurun, produksi berlebihan dari sel darah di sumsum tulang belakang juga ikut berpengaruh menyebabkan kondisi tersebut.

“Darah menyumbang sekitar 8 persen dari berat badan normal dan berfungsi untuk memasok oksigen, nutrisi, hormon, dan antibodi ke seluruh tubuh. Darah terdiri dari campuran plasma dan sel darah (sel darah merah, sel darah putih dan trombosit),” urai Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, dr. Nadia Ayu Mulansari SpPD,K-HOM.

 

Dia menjelaskan, kanker disebabkan oleh disfungsi dalam pertumbuhan sel. Dalam tubuh yang sehat, sel darah putih baru secara teratur dihasilkan untuk menggantikan yang lama dan rusak. Namun pada pasien kanker darah terjadi produksi atau pertumbuhan sel darah yang berlebihan.

Baca juga:  Jangan Jadi Lansia Sarang Burung Kosong

Pada lansia, ujar dr. Nadia, kanker darah umumnya tidak menunjukkan gejala yang spesifik. Namun, ada beberapa gejala yang dianggap alarm, seperti demam (yang berulang dan tidak bisa dijelaskan), keringat malam, nyeri tulang, nyeri sendi, pembesaran kelenjar, tubuh lemas karena Hb rendah, pendarahan, berat badan menurun, benjolan (kadang ada, tapi juga tidak), serta gatal-gatal.

“Bila didapatkan gejala seperti ini sebaiknya segera periksakan ke dokter. Namun, jangan dijadikan patokan karena ada juga beberapa kasus kanker darah yang tidak memiliki gejala. Untuk itu, sebaiknya tetap waspada terhadap gejala yang muncul untuk mendapatkan diagnosis pasti penyakit kanker darah dari dokter ahli hematologi dan onkologi medis,” ujarnya.

Meski pada lansia risiko kanker darah lebih tinggi dari orang muda, namun ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan sejak dini. Dr. Nadia menyebutkan gaya hidup sehat menjadi poin penting yang perlu diterapkan setiap orang agar terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk kanker darah.

“Yang utama adalah jalani gaya hidup sehat, karena kanker darah ini tidak ada single kausal. Usahakan untuk menghindari paparan dari zat kimia Benzidine yang terdapat di cat kalau bisa tidak terhirup uapnya. Juga, hindari rokok, pewarna rambut, dan jaga berat badan tetap stabil serta rajin bergerak,” sarannya. (RN)

Baca juga:  Cermati Gejala Asam Lambung dan Langsung Tangani