Dapatkan Kulit Sehat Dengan 5 Vitamin Berikut

Dapatkan Kulit Sehat Dengan 5 Vitamin Berikut
Foto: fimela.com

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa vitamin mungkin memainkan peran penting bagi kesehatan kulit. Dalam banyak kasus, vitamin ini paling efektif ketika seseorang mengoleskan langsung ke kulit. Mengikuti diet sehat dan seimbang yang bebas dari kekurangan vitamin dan nutrisi juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Pada dasarnya, vitamin adalah zat alami yang dibutuhkan tubuh manusia untuk berfungsi secara normal. Jadi, cara utama vitamin mempengaruhi kesehatan kulit adalah dengan memastikan bahwa tubuh tetap sehat secara keseluruhan.

Lantas vitamin apa saja yang baik untuk kulit? Berikut daftarnya seperti dilansir dari Medical News Today.

  1. Vitamin A
    Banyak multivitamin mengandung 100 persen atau lebih dari asupan vitamin A harian yang direkomendasikan. Sumber lain yang baik dari vitamin A adalah wortel, sayuran berdaun hijau gelap, ubi jalar dan telur. Retinoid, termasuk retinol, tretinoin, isotretinoin, dan bahan kimia sejenisnya, diproduksi dalam bentuk vitamin A. Produk-produk ini berbentuk krim dan serum untuk dioleskan langsung ke kulit.

    Banyak penelitian mendukung manfaat retinoid untuk kesehatan kulit. Retinoid meningkatkan pergantian sel, tekstur dan warna kulit, mengelupas kulit kusam dan kulit mati, melawan jerawat, dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Retinoid dapat digunakan sekali atau dua kali per minggu sebelum tidur, kemudian secara bertahap tingkatkan frekuensi penggunaan menjadi sekali sehari.

  1. Vitamin B Kompleks
    Beberapa vitamin B kompleks dapat meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin yang larut dalam air sudah tersedia sebagai suplemen, termasuk sebagai suplemen yang mencakup semua 12 vitamin B kompleks. Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa vitamin B dapat membantu tubuh memproduksi sel-sel kulit baru yang sehat. Tidak semua penelitian telah menemukan manfaat seperti itu, meskipun banyak penelitian menunjukkan bahwa vitamin B kompleks paling efektif ketika orang menerapkannya langsung ke kulit.

    Vitamin B3, atau niacinamide, dapat membantu beberapa tanda penuaan kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan dan bentuk-bentuk perubahan warna kulit lainnya. Vitamin B5 atau asam pantotenat terbukti dapat membantu mengatasi jerawat dan penuaan kulit. Sementara, penelitian tahun 2010 yang meneliti efek krim kulit yang mengandung vitamin E, B5, dan B3 menunjukkan terjadi peningkatan warna dan tekstur kulit dalam waktu 6 minggu. Ini juga membantu dengan bintik-bintik penuaan dan hiperpigmentasi. Beberapa sumber diet vitamin B kompleks termasuk daging, telur, makanan laut, kacang-kacangan dan biji-bijian.

  1. Vitamin C
    Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membalikkan kerusakan oksidatif yang diinduksi radikal bebas. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kerusakan oksidatif memainkan peran penting dalam penuaan, termasuk penuaan kulit. Secara teori, ini bisa berarti bahwa suplemen vitamin C dapat meningkatkan kesehatan kulit dan memperlambat proses penuaan kulit. Sebagian besar multivitamin mengandung vitamin C, dan itu juga tersedia di banyak buah jeruk serta sebagian besar sayuran, termasuk brokoli, kembang kol dan labu.

    Menerapkan vitamin C topikal langsung ke kulit dapat meningkatkan elastisitas, membantu kulit terlihat lebih muda dan lebih cerah. Serum vitamin C juga dapat merangsang produksi kolagen, melawan efek merusak dari matahari. Vitamin C juga bisa menjadi pelembab kulit yang efektif.

  1. Vitamin D
    Vitamin D mendukung metabolisme sel kulit, membantu kulit tumbuh dan memperbaiki dirinya sendiri. Jadi, kadar vitamin D yang tidak memadai dapat memicu masalah kulit. Sumber vitamin D yang menguntungkan termasuk produk yang diperkaya seperti susu dan sereal, serta salmon, ikan pedang dan tuna. Vitamin D juga dapat membantu peradangan kronis. Peradangan dapat menyebabkan iritasi kulit, beberapa jenis jerawat, dan eksim.
  2. Vitamin E
    Vitamin E adalah antioksidan yang dapat memperlambat penuaan yang disebabkan oleh radikal bebas. Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa suplemen vitamin E dapat memperlambat penuaan kulit. Biji, kacang-kacangan, bayam, mangga dan jagung merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin E. Banyak produk perawatan kulit mengandung vitamin E. Ini adalah obat bekas luka yang populer. (RN)