Memilih Sikat Gigi Untuk Anak Jangan Sembarangan

Memilih Sikat Gigi Untuk Anak Jangan Sembarangan
Foto: parenting.dream.co.id

Menyikat gigi sebaiknya dimulai sejak dini. Bahkan, sejak kedua gigi mulai tumbuh. Saat anak sudah mulai beranjak besar dan mereka mulai sedikit rewel ketika gigi disikat dan meminta untuk melakukannya sendiri, apa yang harus dilakukan?

Banyak cara berbeda yang dilakukan oleh orang tua, salah satu caranya adalah dengan memberi sikat gigi yang cukup menarik dan pasta gigi dengan rasa yang disukai anak-anak.

Sikat gigi anak memiliki bentuk dan ukuran yang cukup berbeda dari sikat orang dewasa. Biasanya terdapat karakter kartun atau pahlawan super pada sikat tersebut serta terdapat banyak warna yang mampu menarik dan memikat anak-anak. Lalu sebenarnya sikat gigi seperti apakah yang baik untuk anak-anak? Dilansir dari WebMD, sebenarnya hanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih sikat gigi anak-anak.

  1. Ukuran
    Sama seperti pada sikat gigi orang dewasa, menentukan ukuran sikat gigi ini penting karena harus disesuaikan dengan ukuran mulut dan gigi mereka. Untungnya terdapat sikat gigi khusus anak yang memang sesuai dengan ukuran mulut dan gigi mereka. pada beberapa produk sikat biasanya juga disertai keterangan usia pengguna sikat jenis tertentu.
  2. Jenis sikat
    Pemilihan jenis sikat yang tepat juga penting untuk membersihkan gigi anak serta membuat proses tersebut tidak terasa menyakitkan. Disarankan memilih jenis sikat soft atau extra soft agar tidak melukai gigi dan gusi anak.
  3. Biarkan anak memilih sendiri
    Membiarkan anak memilih jenis sikat sendiri merupakan hal yang bisa diterapkan terutama ketika anak sudah mulai cukup besar. Anak pasti akan lebih menyukai pilihan sikatnya sendiri dan lebih gembira dalam menggunakannya. Tentu saja dalam proses memilih ini tetap perlu pendampingan dan pengarahan dari orangtua.

    Tiga hal itulah yang bisa kita terapkan ketika memilih jenis sikat gigi yang tepat bagi buah hati kita. (RN)